Senin, 15 September 2008

Jenis & ManFaat..

Jenis Kaktus
Lebih dari 2000 jenis kaktus ada di belahan bumi. Dari 100 an marga, kaktus dikelompokan menjadi 3 suku : Preskioidea, Opuntodeae, Cereoidea.
Jenis Preskioidea biasanya mempunyai daun dan berduri. Bentuknya bisa berupa pohon semak hingga tinggi 10 meter.
Karakteristik opuntodeae lain lagi, kelompok ini memiliki batang beruas. Bentuknya bulat telur, pipih, memanjang atau berupa semak. Adakalanya berdaun namun mudah gugur. Opuntodeae juga memiliki areole yang berduri.
Jenis terakhir, Cereoidea paling banyak dijumpai. Bentuk batangnya beragam dan sekulen (banyak mengandung air). Sebagian jenis ada yang menyerupai silinder, beruas, bulat, bahkan memanjang. Jenis ini tidak memiliki daun dan areolenya ditumbuhi aneka bentuk duri.



Manfaat Kaktus
Jenis kaktus tertentu seperti Hylocereus undatus ternyata dapat berbuah dan bisa dimakan. Salah satunya buah naga yang bercitarasa manis, asam dan segar.
Dibalik aroma segarnya buah naga kaya manfaat. Banyak orang percaya buah ini dapat menurunkan kolesterol dan penyeimbang gula darah. Buah naga mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium, karbohidrat dan tinggi serat yang dapat memperlancar proses pencernaan dan mampu pengikat zat karsinogen penyebab kanker.

Selain itu, kaktus dimanfaatkan sebagai kaktus hias dengan berbagai macam jenis dan ukuran. Berikut ini adalah contoh dari berbagai macam kaktus hias :


Kaktus Mini
kaktus mini dengan tinggi tanaman sekitar 6 cm. Panjang masing-masing tunas 3-4 cm. Unik, cantik,look fresh, cocok untuk ditaruh di atas meja kerja,tamu dan ruangan indoor atau outdoor.


Cleistocactus Strausii
kaktus mini dengan tinggi sekitar 7 cm.Unik, cantik,look fresh, cocok untuk ditaruh di atas meja kerja,tamu dan ruangan indoor atau outdoor.


Kaktus mini
Tinggi tanaman sekitar 7 cm.Unik,kepla kaktus seperti bintang cantik,look fresh, cocok untuk ditaruh di atas meja kerja,tamu dan ruangan indoor attau outdoor.


Cleistocactus Strausii var.
Kaktus ini memiliki Tinggi sekitar 25 cm. Mudah perawatannya,cukup disiram 1 kali seminggu,atau 2 minggu sekali



Lobivia Oganmaru
kaktus mini dengan Tinggi sekitar 5 cm.Unik, cantik,look fresh,dengan warna kuning alami yang mencolok cocok untuk ditaruh di atas meja kerja,tamu dan ruangan indoor attau outdoor


Gymno mihanovichii “Red–cap“
kaktus dengan warna merah tang cerah dengan Tinggi tanaman sekitar 6 cm.berdiameter 3-4 cm.


Mamill cactus
kaktus mini dengan Tinggi sekitar 7 cm.Unik, cantik,look fresh, cocok untuk ditaruh di atas meja kerja,tamu dan ruangan indoor attau outdoor.



Lenning sp
kaktus yang unik dan imut dengan tinggi sekitar 10 cm dengan diameter batang 3-5 cm.tidak berbahaya,cocok untuk ditaruh di segala bentuk tempat dan ruangan.




Melocactus
Jenis kaktus yang tumbuh didaerah panas dengan penampilan yang nyentrik.Duri-duri yang panjang tidak membuat penanamnya tertusuk karena duri itu cukup lemas begitu kita sentuh.Kecuali pada duri-duri kecil yang cukup keras. Tidak seluruh tubuh dari melocactus ini berduri, melainkan hanya pada bagian sudut-sudut yang ada diluar.

1 komentar:

Kuwat Nurcahyo mengatakan...

biasanya tuliasan digeneralisasikan pada penulisnya, saya salut pada orang yang tahan banting di Jakarta Utara yang terkenal dengan karakter penduduknya "paling panas" se jabodetabek.. saya ingin hidup di kampung karena itu menyenagkan, namun hal tersebut sulit karena saya bekerja di sini.. sedang beradaptasi, dengan sedikit air di rumah.. hari-hari ini sering gerimis..saya malas bekerja.. demot devisit motivasi